Pemecahan Sertifikat Tanah

pemecahan sertifikat tanah 225x300 Pemecahan Sertifikat Tanah

Proses peralihan hak karena jual beli sebagian untuk tanah yang bersertifikat dengan adanya pemecahan hak merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang ada di Kantor Pertanahan.

Peralihan hak milik atas tanah adalah suatu perbuatan hukum yang bertujuan memindahkan hak milik atas tanah dari satu pihak kepada pihak lain.

Tujuan dilakukannya pendaftaran peralihan hak karena jual beli ini adalah untuk menjamin kepastian hak dari penerima hak selanjutnya (pembeli). Dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi adalah :

  1. Bagaimana proses peralihan hak karena jual beli sebagian untuk tanah yang bersertifikat dengan adanya pemecahan hak di Kantor Pertanahan ;
  2. Hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalam proses peralihan hak karena jual beli di Kantor Pertanahan;
  3. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menghadapi permasalahan yang timbul dalam proses peralihan hak karena jual beli di Kantor Pertanahan.
    Hambatan yang ditemui dalam proses peralihan hak karena jual beli yaitu persyaratan yang diajukan oleh pemohon tidak lengkap, pengisian akta jual beli yang dibuat oleh PPAT kurang lengkap atau terjadi kesalahan, terlambatnya Gambar Ukur sehingga proses berjalan tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,kurangnya tenaga ahli, kesibukan Kepala Kantor, kurangnya kedisiplinan pegawai, dan adanya patok yang belum terpasang. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yaitu menambah jumlah tenaga ahli, meningkatkan kualitas pegawai, dan mengadakan penyuluhan tentang pendaftaran peralihan hak. Proses peralihan hak karena jual beli merupakan salah satu upaya tertib administrasi dibidang pertanahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diberikan saran agar memberikan peluang kepada masyarakat atau publik yang berfungsi sebagai badan konsultan profesional, untuk membantu masyarakat yang mengalami kendala atau masalah dalam proses pengurusan sertifikat tanah, termasuk untuk peralihan hak karena jual beli. Badan konsultan ini, hanya membantu atau memperlancar proses bagi Badan Pertanahan dan masyarakat yang membutuhkan, Kantor Pertanahan diharapkan memberikan penjelasan dan pengarahan kepada masyarakat mengenai tatacara pengajuan permohonan peralihan hak karena jual beli, Kantor Pertanahan, diharapkan selalu hadir dengan Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas, sistem manajemen yang baru, teknologi yang tinggi sehingga kemajuan dan perkembangan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sumber : klik disini

Apakah kata di bawah ini yang anda cari:

tata cara jual beli tanah yang belum bersertifikat (179), jual beli tanah yang belum bersertifikat (105), biaya pemecahan sertifikat tanah (93), pemecahan sertifikat tanah (93), biaya pecah sertifikat tanah (44), proses pemecahan sertifikat tanah (37), cara jual beli tanah belum sertifikat (34), biaya pemecahan sertifikat (32), cara pemecahan sertifikat tanah (31), prosedur pemecahan sertifikat tanah (29)

Leave a Reply

  1. Pingback: Ultrabook Noteboook Tipis Harga Murah Terbaik

  2. Pingback: jaket kulit

  3. mohon informasi hal-hal tentang pemecahan sertipikat tanah dari 1 sertipikat menjadi beberapa sertipikat dan tentang penggabungan dari beberapa sertipikat menjadi 1 sertipikat beserta simulasi biaya yang harus dikeluarkan. terima kasih.

  4. @nanang, untuk pemecahan sertipikat menjadi beberapa sertipikat yang perlu disiapkan adalah syarat khusus pemecahan lebih dari 4 bidang ada ada surat rekomendasi pecah dari pemda (pemerintah daerah sleman)/(kimpraswil) yang kedua alasan di pecah untuk apa? selengkapnya anda bisa kunjungi link ini syarat pemecahan sertipikat tanah
    dan untuk penggabungan sertipkat tanaha yang pokok adalah beberapa sertipikat tanah tersebut sudah satu nama anda bisa lihat disini Syarat penggabungan sertipikat tanah

  5. mohon pencerahannya…

    saya membeli perumahan di daerah depok, cash bertahap, sudah lunas sejak 2 tahun lalu, sampai sekarang saya belum menerima sertifikat, proses terakhir yang saya pantau, bahwa surat ukur sudah selesai dan tinggal di validasi, kurang lebih memakan waktu 3 bulan.

    pertanyan saya siapakah yang berhak untuk proses validasi tersebut, BPN kah? apakah proses sampai keluar sertifikat memang memakan waktu selama itu mengingat saya sudah menunggu lebih dari 2 tahun untuk sertifikat jadi, dan sekarang kira kira apa yang harus saya lakukan.

    saya sangat menunggu jawabannya

    rgds
    ican