Layanan Pertanahan BPN RI

Dikesempatan kali ini saya akan mencoba merangkum beberapa Pelayan Pertanahan di Badan Pertanahan Nasioanl RI bagi yang belum tahu apaseh sebenarnya tugas BPN yang orang dulu menyebutnya AGRARIA diantaranya adalah sebagai berikut :

LAYANAN PERTANAHAN BPN RI

  1. Pelayanan Pendaftran Tanah Pertama Kali

    • Konversi, Pengakuan dan Penegasan Hak

      1. Konversi
      2. Pengakuan dan penegasan Hak
    • PEMBERIAN HAK

      1. Hak Milik Perorangan
      2. Hak Milik Badan Hukum
    • HAK GUNA BANGUNAN (HGB)

      1. Hak Guna Bangunan Perorangan
      2. Hak Guna Bangunan Badan Hukum
    • HAK PAKAI

      1. Hak Pakai Perorangan WNI
      2. Hak Pakai Perorangan WNA
      3. Hak Pakai Badan Hukum Indonesia
      4. Hak Pakai Badan Hukum Asing
      5. Hak Pakai Instansi Pemerintah
      6. Hak Pakai Pemerintah Asing
      7. Hak Pengelolaan Instansi Pemerintah/ Pemerintah Daerah/ BUMN/BUMD
    • WAKAF

      1. Wakaf dari Tanah Belum Bersertipikat (Konversi, Pengakuan dan Pengesahan Hak)
      2. Wakaf dari Tanah Negara (Pemberian Hak Tanah Wakaf)
      3. P3MB/PRK.5
      4. Pendaftaran Hak Milik atas Satuan Rumah Susun
    • PEMBERIAN HAK USAHA

      1. Hak Guna Usaha Perorangan
      2. Hak Guna Usaha Badan Hukum
  2. Pelayanan Pengukuran Bidang Tanah

    • PENGUKURAN BIDANG TANAH
      1. pengukuran Bidang Untuk Keperluan Pengembalian Batas
      2. Pengukuran Dalam Rangka Kegiatan Inventarisasi / Pengadaan Tanah
      3. Pengukuran Atas Permintaan Instansi Dan / Atau Masyarakat Untuk Mengetahui Luas Tanah
      4. Pengukuran Dalam Rangka Pembuatan Peta Situasi Lengkap (Topografi)
  3. Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah

    • PERALIHAN HAK ATAS TANAH DAN SATUAN RUMAH SUSUN

      1. Jual-beli
      2. Pewarisan/wasiat
      3. Tukar-menukar
      4. Hibah
      5. Pembagian hak bersama
      6. Lelang
      7. Pemasukan kedalam perusahaan / inbreng
      8. Merger
      9. Ganti nama sertipikat hak atas tanah dan hak milik atas rumah susun
    • PERPANJANGAN JANGKA WAKTU HAK GUNA USAHA

      • HAK GUNA BANGUNAN
        1. Hak guna bangunan perorangan
        2. Hak guna bangunan badan hukum
      • HAK GUNA USAHA
        1. Hak Guna Usaha Perorangan
        2. Hak Guna Usaha Badan Hukum
      • PEMBAHARUAN HAK GUNA USAHA
        1. Hak Guna Usaha Perorangan
        2. Hak Guna Usaha Badan Hukum
    • WAKAF DARI TANAH YANG SUDAH BERSERTIPIKAT
    • PERUBAHAN HAK ATAS TANAH
    • PEMECAHAN / PENGGABUNGAN/ PEMISAHAN HAK
      1. Pemecahan/ pemisahan/ bidang tanah perorangan
      2. Pemecahan/ pemisahan/ bidang tanah Badan Hukum
      3. Penggabungan Bidang Tanah Perorangan
      4. Penggabungan Bidang Tanah Badan Hukum
    • SERTIPIKAT PENGGANTI HAK ATAS TANAH, HAK MILIK ATAS RUMAH SUSUN
      1. Blanko Lama
      2. Hilang
      3. Rusak
    • HAK TANGGUNGAN
      1. Pendaftaran Hak Tanggungan
      2. Penghapusan Hak Tanggungan (ROYA)
      3. Peralihan Hak Tanggungan (CESSIE)
      4. Subrogasi (Perubahan Kreditur)
  4. Pelayanan Pengaturan Dan Penataan Pertanahan

    • KONSOLIDASI TANAH SWADAYA

      1. Pertimbangan Teknis Pertanahan
        1. Pertimbangan Teknis Pertanahan Dalam Rangka Ijin Lokasi
        2. Pertimbangan Teknis Pertanahan Dalam Rangka Penetapan Lokasi
        3. Pertimbangan Teknis Pertanahan Dalam Rangka Ijin Perubahan Penggunaan Tanah
      2. Pertimbangan Teknis Penatagunaan Tanah
  5. Pelayanan Pencatatan Dan Informasi Pertanahan

    • PENCATATAN

      1. Blokir
      2. Sita
      3. Pengangkatan Sita
    • INFORMASI PERTANAHAN

      1. Pengecekan Sertipikat
      2. Surat Keterangan Pendaftaran Tanah
      3. Informasi Titik Dasar Teknik
      4. Informasi Peta
  6. Pengelolaan Pengaduan

    • Pengelolaan Pengaduan

Demikian sedikit Ringkasan LAYAN PERTANAHAN Badan Pertanahan Nasional RI semoga BPN RI dalam mengemban tugasnya di berikan kelancaran dan sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat, mengingat Aset Tanah sangat strategis untuk Perekonomian dan Kemakmuran Bangsa ini. selanjutnya kedepan akan saya coba poting SYARAT-SYARAT dari Pada Layanan Pertanahan tersebut diatas. (yoyok/pengukurantanah.blogspot.com)

Apakah kata di bawah ini yang anda cari:

surat jual beli tanah warisan (47), contoh surat hibah tanah warisan (27), hibah tanah warisan (21), Syarat menjual tanah warisan (20), cara menjual tanah warisan (19), tata cara hibah rumah (17), jual beli tanah warisan (15), cara mengukur tanah BPN (14), cara pengukuran tanah oleh bpn (14), pembagian tanah warisan (13)

17 Responses for Layanan Pertanahan BPN RI

  1. May 6th, 2013 | 06:42

    gimana cara memperpanjang hak TAnah,, HAk pakai saya sudah habis,,, gimana caranya dan berapa biayanya, luasnya 1700 M2,,, apakah Harus diukur ulang atau Tidak,,,?

  2. May 6th, 2013 | 23:18
  3. July 17th, 2013 | 04:44

    pengurusan sertifikat tanah sudah 7 bulan kok belum selesai ya, bagaimana nih?

  4. Andy Hardjo
    July 17th, 2013 | 08:56

    yulk lek gak onok duite yo ngono suwe,ancen negoro wes bejat kabeh2 duit

  5. July 17th, 2013 | 09:37

    Andy Hardjo Padahal aku lewat Notaris loh,notaris e blg mmg dari BPN bgt,mungkin orang BPN itu klo kerja sak enake udele, mmg sih dtg ke kantor tp smp kantor ngobrol2 baca koran , kerjaane gak digarap,yg penting tiap bulan terima gaji , klo ada manis2x br kerja

  6. July 17th, 2013 | 09:57

    nek kalo uda pake notaris, notarisnya yang di kejar dan memang harus dan itu wajib di kejar trus minta bukti urusan ke pertanahan sudah sampe dimana, setiap berkas yang diserahkan pasti ada tanda tanda terimanya nek………… baru di cek n ricek ………

  7. July 18th, 2013 | 02:45

    Fachrunsyah Yuyun Iya kek, trm ksh ya atas saranx,msh ompong ta…….? hehehe….

  8. July 21st, 2013 | 05:28

    Silahkan di cek di link http://www.pengurusantanah.net/cek-berkas atau datang langsung kekantor pertanahan setempat siapa tahu ada yang harus di lengkapi, misalnya ttd DI 201

  9. July 21st, 2013 | 05:32

    Kalau menurutku sebaiknya anda datang langsung ke kantor pertanahan dengan membawa BP Bukti Permohonan jangan hanya bilang kata orang lain. semoga membantu

  10. August 26th, 2013 | 14:25

    Bagus pak, sharenya amat sangat membantu..
    Ditunggu share-share berikutnya..

  11. August 26th, 2013 | 19:11

    siyap pak, ingsaallah

  12. Evi susanti pakpahan.
    September 6th, 2013 | 11:39

    Bagaimana cek surat tanah atas nama ? Sedangkan hari libur bisa ngak lewat website

  13. September 7th, 2013 | 01:53

    #Evi susanti pakpahan.
    Bagaimana cek surat tanah atas nama? Sedangkan hari libur bisa ngak lewat website.

    jawab:
    anda langsung datang kekantor pertanahan setempat utk isi blangko kalau melalui web anda hanya bisa cek berkas yang sudah di daftarkan anda bisa akses dilink ini http://www.pengurusantanah.net/cek-berkas.

  14. September 7th, 2013 | 02:24

    pengurusan sertipikat tanah tidak hanya instansi bpn saja apalagi belum pernah di daftar sebelumnya misalnya pengurusan konversi disini intansi yang terlibat adalah Pemerintah Desa termasuk juga warisan malah sampai di kecamatan belum nanti urus surat kematian sudah beda instansi lagi yaitu di catatan sipil, kita sebagai rakyat harus jeli dong palagi dah di urus notaris #Fachrunsyah Yuyun cocok tuh bijak

  15. Rangga
    November 11th, 2013 | 08:33

    Mohon bantuannya. Mertua saya kehilangan surat AJB. kemudian kami sudah lakukan pelaporan ke kepolisian, dan sudah dibuatkan keterangan polisi. Kemudian kami mencoba meminta salinan AJB di kecamatan, tetapi tidak bisa di kasih dengan alasan susah mencarinya. namun kami ditawarkan solusi untuk membuat baru dengan biaya Rp. 5 juta rupiah. apakah hal ini wajar. bisakah kita minta salinan AJB di kecamatan, untuk pengurusan sertifikasi di BPN?atau bisa kah kita membuat AJB baru tetapi yang membuat adalah PPAT.
    Sebagai catatan, pihak penjual sudah meninggal.
    Terimakasih sebelumnya atas perhatian nya.

  16. November 11th, 2013 | 16:37

    #rangga
    Setelah penanda tangan ajb mestinya langsung ditindak lanjuti untuk didaftar kekantor pertanahan setempat selambat-lambatnya 1minggu.
    terkait dengan itu semua sekarang pemilik sudah meninggal dunia maka dalam pensertipikatan tanah adalah dengan mengurus turun waris terlebih dahulu baru di beli oleh anda.
    maaf sedikit penjelasan jika belum jelas silahkan tinggalkan komentar lagi semoga bermanfaat

  17. June 20th, 2014 | 07:31

    mohon informasi, kami punya tanah kaum ( tanah adat pusaka tinggi) yg dulunya memberikan hak pakai kepada sekolah negeri, teryata tanah kami tersebut telah di Sertifikatkan oleh Pemda setempat menjadi Tanah milik Pemda tampa ada informasi ke pihak kami ( kaum Adat). pertayaannya, apakah kami bisa melakukan tuntutan hukum dan bagaimana prosedurnya,,? mohon bantuannya bagi bp.2 atau instansi terkait dapat membantu informasinya, makasih

Leave a reply for : Layanan Pertanahan BPN RI

 
eXTReMe Tracker
%d bloggers like this: